Friday, March 4, 2022

Petunjuk Penggunaan UKBM 1 Semester 5 : Wilayah dan Kewilayahan dalam Perencanaan Tata Ruang Wilayah

https://adefathurahman.blogspot.com/2019/07/petunjuk-penggunaan-ukbm-1-semester-5.html


A.  PETUNJUK PENGGUNAAN UKBM
Seperti yang saya sampaikan pada semester-semester yang lalu, maka sangat penting, sekali lagi saya ingatkan, “sangat penting untuk memperhatikan hal-hal berikut ini .” (lihat, bapak kasih bold untuk bagian ini, karena apa ?. PENTING BANGEETZZS Jangan sampai terlewat membacanya).
1.    Baca materi utama pada UKBM ini sampai tuntas (INGAT !  sampai TUNTAS)
2.    Ikuti langkah – langkah yang terdapat pada kegiatan pembelajaran secara seksama, teliti, dan berurutan.  (shabar, karena shabar itu awal kesuksesan).
3.    Selesaikan setiap lembar pekerjaan yang diharuskan untuk dikerjakan pada setiap kegiatan pembelajaran.  (Nah, ini syarat utama untuk mendapatkan nilai memuaskan).
4.     Kalian boleh menanyakan kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan dalam kegiatan pembelajaran pada UKBM ini kepada guru bidang studi kalian (artinya, tidak hanya saat KBM saja).
5.    Kalian kerjakan latihan – latihan yang telah disediakan pada UKBM ini dan diperbolehkan mencari secara mandiri latihan soal yang lain pada sumber lain, baik buku paket ataupun pembelajaran online. (ini asyik, tapi jangan sampai gagal focus, kesana-kemari).
6.    Lakukan pengukuran mandiri mengenai pencapaian kalian. (Istilah kerennya EVADIR/ Evaluasi diri/ menilai diri-sendiri). 
7.    Apabila kalian merasakan sudah siap dan mencapai standar pencapaian minimum kalian berhak mengajukan ujian atau evaluasi pencapaian kompetensi  (Perhatikan Peta konsepnya, sekali lagi).
8.     Apabila kalian mampu mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimum, kalian berhak untuk melanjutkan ke UKBM Selanjutnya. (Insya Allah, kalian dimudahkan, Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.).
9.    Tetap Semangat untuk Menjadi Yang Terdepan dan Terbaik dalam Prestasi, karena kita SMANSA dan SMANSA itu, BEDA, BEDA dan JUARA ! SEMANGAAAAAT !!!!
10.     Selamat Bekerja.

B.  KEGIATAN PENDAHULUAN
Materi Pembelajaran kali ini meliputi hal-hal mendasar yang harus anda ketahui yang berhubungan Konsep Wilayah dan Kewilayahan dalam
Model Pembelajaran yang kita digunakan adalah Problem Base Learning. (Pembelajaran Pemecahan Masalah). Model ini cenderung dilakukan secara kelompok, maka jangan lupa, sebaiknya kalian selalu bekerja dalam kelompok (3 orang). Anggota dan penamaan kelompok bisa meneruskan yang lalu atau berubah. Sebagai salah satu alternatif, untuk mengingatkan pada bahasan kita, maka kalian bisa memilih salah satu istilah yang harus kita fahami pada materi ini Region/ wilayahSpasial/ keruangan, Nodal/ pusat wilayah fungsional, Hinter Land/ Penyangga,  ).
 Tugas-tgas bersama kalian, diantaranya memahami secara substansial (intinya) definisi (batasan, pengertian) tentang segal sesuatu secara konseptual segala sesuatu yang terurai dipaparan pertama. Faktual adalah wacana (perbincangan) yang pernah, kadang-kadang, atau bahkan sering kalian dengar, lihat, baca dan simak diberbagai media yang ada. Berhubung semakin merebaknya keaneka-ragaman bentuk media, setidaknya untuk hal ini, jika belum pernah, atau lupa menyimak. Bersiaplah di pencarian google engine atau search engine lainnya untuk mulai menjelajah . Salah satunya Klik https://blog.ruangguru.com/konsep-wilayah-dan-perwilayahan Link ini merupakan hasil pencarian atas google search engine dengan keyword : “Perwilayahan di Indonesia. Pilih salah satu link yang bisa menjadi gerbang bagi anda untuk. Begitupun untuk Fakta-fakta kekinian pada materi lainnya, jika berkenaan dengan faktual, berarti kita harus menggunaan keyword pencarian yang menggunakan kata-kata yang mengandung makan kekinian. Sebegai penegas, saya kasih anda beberapa istilah yang berkenaan dengan istilah “faktual” ; aktual, saat ini, setahun ini, dekade ini, fakta, peristiwa serta kata-kata lain yang relevan dengan hal kita cari.
Tentu hal ini bukan sesuatu yang baru buat generasi anda, tapi kadang hal itu terlupakan, karena sudah diangaap sangat “remeh-temehnya”. Ingat, banyak yang bekerja, tapi merka bekerja tidak efektif (tepat sasaran, tepat guna) dan efisien (hemat waktu), karena mereka melupakan atau manganggap remeh prosedur atau tahapan. Menaiki tangga satu-persatu lebih menyelamatkan dari pada, kita melangkahinya secara melompat-lompat, apalagi jika kita ingin mencapai puncak yang jaraknya cukup jauh, seperti halnya menuju Pusat Situs Gunung Padang atau Stupa teratas dari candi Borobudur.
Pada bagian kedua di Konseptual, serap dengan seksama definisi, kategorisasi atau klasifikasi (jenis-jenis, macam-macam, bentuk-bentuk) sampai dengan conth-contoh di lapangan.
Setelah membaca yang bersifat konseptual tersebut, maka pada tahap akhir
 Sekali lagi, ingat selalu tahapan-tahapannya !!! 
Catatan Tambahan Penting !
Bapak sudah sediakan sebuah blog yang cukup refresentatif untuk sumber data suplemen (pelengkap). Klik selalu ini untuk tujuan tsb. https://adefathurahman.blogspot.com/ atau juga, jika ingin view yang maksimal di android, bisa kunjungi link ini :
http://app.appsgeyser.com/5506541/GEOGRAPHY%20LEARNING%20Reference Jika pun tak mendapatkan langsung suplemen di blog saya tersebut, jangan dulu keluar sebelum kalian lihat di tool bar  bagian atas blog yang menyajikan link- link terpercaya sebagai suplemen bagi pembelajaran Geografi di SMA.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home